Kamis, 30 Mei 2013

Siklus Belajar BSCS 5E IPA Kelas 4 SD

Diposting oleh Fathah Nur Aryati di 12.00
Nama   : Fathah Nur Aryati
NIM    : 11108241123
Kelas   : 4F

MODEL 5E UNTUK KELAS 4 SEKOLAH DASAR
Mata Pelajaran : IPA, Matematika, IPS, PKn
IPA
·         Kompetensi Inti    :
  1. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  2. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
·         Kompetensi Dasar :
3.1  Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan dan fungsinya
3.7  Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6  Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat

Matematika
·         Kompetensi Inti    :
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  1. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


·         Kompetensi Dasar :
4.6           Menunjukkan perilaku peduli dengan cara memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah sekolah atau tempat bermain untuk membuat benda-benda berbentuk kubus dan balok bangun berdasarkan jaring-jaring bangun ruang yang ditemukan
1.14    Menyajikan hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana

IPS
·         Kompetensi Inti    :
  1. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
·         Kompetensi Dasar :
3.5  Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

PKn
·         Kompetensi Inti    :
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
·         Kompetensi Dasar :
3.6       Memahami keberagaman alam dan sumber daya di berbagai daerah






No.
Fase
Aktivitas Guru
Aktivitas Siswa
1.
Engagement
·         Guru menarik perhatian siswa dengan menunjukan kepada siswa berbagai macam tanaman.
Guru bertanya :
“Apakah kalian tahu tumbuhan apa ini ?”
·         Guru memancing siswa untuk menyebutkan bagian-bagian tumbuhan.
·         Guru memancing siswa untuk menyebutkan salah satu fungsi bagian tumbuhan.
·         Guru menampilkan video tentang kerusakan alam yang ada di Indonesia. 
·         Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan guru sesuai pengamatannya.
·         Siswa antusias dalam menonton video.
·         Siswa bertanya-tanya kenapa bisa terjadi kerusakan alam.
·         Siswa merasa tertarik dengan materi yang akan dibahas.


Uraian :
Guru menunjukan tanaman bunga sepatu, tanaman padi, dan tanaman manga yang lengkap. Guru bertanya kepada siswa nama tanaman yang guru bawa. Siswa saling berdiskusi dan menebak nama tanaman yang guru bawa. Guru bertanya kepada siswa nama-nama bagian tumbuhan dan fungsinya. Siswa berdiskusi dan menjawab. Guru menampilkan video tentang kerusakan alam yang ada di Indonesia antara lain hutan gundul, banjir, kerusakan taman laut dll. Siswa antusias dalam menonton video yang guru sajikan. Guru bertanya kepada siswa mengapa bisa terjadi kerusakan alam. Siswa saling berdiskusi dan menyampaikan pendapatnya. Guru mengkaitkan fungsi bagian tumbuhan dengan kerusakan hutan. Siswa semakin tertarik untuk mempelajari materi yang akan dibahas.
2.
Exploration
·         Guru mengajukan pertanyaan
“Apa saja manfaat dari tumbuhan?”
“Apa saja yang bisa kita buat dengan memanfaatkan tumbuhan ?”
·         Guru menyuruh siswa untuk menunjukan contoh dari pemanfaatan sumber daya alam yang ada di sekitar siswa.
·         Siswa berdiskusi mencari jawaban.
·         Siswa menjawab dengan mencontohkan hasil dari pemanfaatan sumber daya alam yang ada di sekitar siswa.
·         Siswa bertanya kepada guru contoh yang lainnya.


Uraian :
Guru mengajukan pertanyaan sambil memancing siswa agar siswa bisa mengamati lingkungan sekitarnya dan menemukan manfaat tumbuhan dan produk dari pemanfaatan bagian tumbuhan. Siswa mengamati lingkungan sekitar dan saling menebak dengan temannya. Siswa menemukan manfaat dari tumbuhan yaitu bisa mencegah banjir, sebagai paru-paru dunia, tempat penyimpan cadangan air, dll. Siswa menunjukan contoh produk pemanfaatan bagian tumbuhan yaitu kertas, kursi dan meja, dll. Siswa antusias dalam mengikuti pelajaran.
3.
Explanation
·         Guru bisa mengetahui pengetahuan dasar yang dimiliki oleh siswa.
·         Guru menjelaskan konsep bagian-bagian tumbuhan serta manfaatnya sebagai salah satu sumber daya alam.
·         Guru menjelaskan konsep tentang penggolongan hewan
·         Guru menjelaskan manfaat dari masing-masing hewan berdasarkan golongannya.
·         Guru menjelaskan konsep tentang macam-macam sumber daya alam yaitu dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui.
·         Guru menjelaskan tentang pemanfaatan sumber daya alam antara lain sungai digunakan untuk PLTA, laut untuk perikanan, pengolahan tumbuhan di hutan, dll.
·         Guru menyuruh siswa untuk mengamati lingkungan dan menemukan hasil pengolahan tumbuhan yaitu bisa dijadikan perabot rumah tangga, kertas, dll yang mempunyai nilai jual.
·         Guru menjelaskan konsep operasi hitung bilangan misalnya mengukur panjang atau berat ikan, mengukur berat emas,dll sebagai hasil dari sumber daya alam.
·         Guru menjelaskan konsep tentang bangun datar dengan memanfaatkan kertas dan kayu sebagai hasil dari pengolahan sumber daya alam berupa tumbuhan.
·         Guru menjelaskan konsep tentang bangun ruang dengan memanfaatkan kertas sebagai hasil dari pengolahan sumber daya alam.
·         Guru menjelaskan konsep tentang cara menjaga kelestarian sumber daya alam.
·         Guru menilai perkembangan pemahaman siswa
·         Guru mengoreksi konsepsi yang salah
·         Siswa menjawab pertanyaan dengan kalimat sendiri.
·         Siswa secara berkelompok menemukan nama bagian tumbuhan dan manfaatnya.
·         Siswa secara berkelompok mampu menggolongkan berbagai jenis hewan.
·         Siswa memperhatikan video tentang pemanfaatan sumber daya alam.
·         Siswa secara berkelompok memanfaatkan kertas sebagai hasil dari sumber daya alam untuk membuat bangun datar dan bangun ruang.
·         Siswa mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan topik sumber daya alam.
·         Siswa mendengarkan dan mencoba memahami penjelasan yang disampaikan oleh guru.


4.
Elaboration
· Guru menekankan kembali pemanfaatan sumber daya alam
· Guru meminta siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan barunya ini dalam kehidupan sehari-hari.
· Guru bertanya, “Bagaimana cara menggunakan sumber daya alam dengan baik?”
· Guru mengkonfirmasi pemahaman siswa dengan menanyakan “Apa yang sudah kamu ketahui tentang pelajaran hari ini?”
· Guru dan siswa membuat kesimpulan pembelajaran.
·         Siswa menjawab cara menggunakan sumber daya alam yang baik yaitu dengan menggunakannya sewajarnya sesuai kebutuhan, dan mampu mengolahnya melalui kegiatan ekonomi.
·         Siswa mampu menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti dan hasil pengamatan
·         Siswa saling mengecek pemahaman terhadap topik satu sama lain.
5.
Evaluation
·         Guru mengamati siswa saat mereka menerapkan konsep dan keterampilan yang baru.
·         Guru memberikan soal evaluasi
·         Guru menilai pengetahuan dan keterampilan siswa.
·         Guru mencari bukti-bukti yang menunjukan bahwa pikiran dan perilaku mereka telah mengalami perubahan.
·         Guru menyediakan kesempatan bagi siswa untuk menilai pembelajaran mereka sendiri dan keterampilan dalam kelompok mereka sendiri.
·         Siswa menunjukan pemahaman dan pengetahuan terhadap konsep atau keterampilan dengan mengerjakan soal evaluasi Siswa mengevaluasi kemajuan dan pengetahuan masing-masing.
·         Siswa mengajukan pertanyaan yang mendorong penyelidikan baru di masa datang


0 komentar:

Posting Komentar

 

every moment of my life Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei